Latar Belakang Pembangunan

LATAR BELAKANG
PEMBANGUNAN MASJID & PANTI ASUHAN DJP - DAARUL JANNAH PRATAMA


Bahwa Dewan Kemakmuran Masjid Sholahuddin Kanwil DJP D.I. Yogyakarta dengan Yayasan Jamaah Masjid Pajak Peduli Yogyakarta - nya sejak tahun 2010 sudah mulai merintis beberapa program, antara lain sbb:

1.       Pendirian TKIT Tahfidzul Qur’an Taman Cendekia Yogyakarta
Telah diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 2 Juli 2010. TK ini diprioritaskan untuk putra putri pegawai DJP dan juga memberikan beasiswa kepada anak-anak yang kurang mampu. Sampai sekarang telah meluluskan 2 angkatan. Salah satu kelebihan TK ini adalah menitikberatkan pada hafalan Al Qur’an dan adanya pelajaran mengenal Pajak (Kids Tax Center). Data terakhir memiliki 54 murid dan tidak bisa ditambah karena tempat yang kurang representatif. Untuk pengembangan TK lebih lanjut diperlukan lokasi baru yang lebih luas.

2.       Pendirian Panti Asuhan rumahYatim Tahfidzul Qur’an
Telah diresmikan oleh Penasehat DWP Kementerian Keuangan, Ibu Nies Martowardojo pada tanggal 27 Mei 2011. Sementara ini memiliki 3 kamar dengan 5 anak asuh dan 1 pengasuh. Untuk pengembangan lebih lanjut diperlukan lokasi yang lebih luas.

3.       Layanan Ambulance Gratis dan Tim Kesehatan rumahSehat
Dengan kelengkapan alat kesehatan yang cukup memadai dan 1 unit ambulance serta didukung SDM bidang kesehatan yang mumpuni, kita melakukan kegiatan peduli kesehatan dan peduli bencana, contohnya: sunatan massal, pengobatan gratis, klinik darurat di daerah bencana, layanan antar pasien, layanan antar jenazah, dll. Untuk pengembangan kedepanya perlu didirikan sebuah Klinik Kesehatan rumahSehat agar bisa memberikan layanan lebih maksimal kepada masyarakat.

Alhamdulillah ketiga kegiatan tersebut diatas sampai sekarang terus berjalan dan mengalami perkembangan. Sekrang ini ketiga kegiatan tersebut menempati lokasi yang luasnya terbatas sehingga mengalami kendala ketika harus mengalami pengembangan/perluasan pembangunan. Dengan latar belakang tersebut maka direncanakan untuk melakukan pengembangan/pembangunan di lokasi yang baru, yang lebih luas dan lebih representatif.

Kemudian dipilihlah lokasinya di di Dusun Condrowangsan, Kelurahan Potorono, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari Gedung Kanwil DJP D.I. Yogyakarta adalah sekitar 11 Km arah tenggara dan dapat ditempuh dengan mobil yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Untuk Tahap I (2012) akan dibebaskan tanah seluas 6.700 m2. Kemudian Tahap II (2013) adalah Pembangunan Masjid, Panti Asuhan, Klinik Kesehatan dan Pesantren Tahfidz. Untuk Tahap III (2014) adalah Pembangunan TKIT dan Tahap IV (2015) adalah Pembangunan SDIT Plus Pesantren Tahfidzul Qur'an (Boarding School).

Diharapkan setelah Bangunan Panti Asuhan jadi dapat menampung untuk tahap awal sebanyak 50 anak asuh. Selain 5 anak asuh yang sudah ada akan ditambah anak asuh yang diprioritaskan dari anak yatim kerabat pegawai pajak/satpam/cleaning service. 

Bangunan masjid akan dibuat 2 lantai. Lantai 1 untuk kantor, klinik kesehatan dan pesantren tahfidz. Untuk alat-alat kesehatan klinik sudah ada dan cukup lengkap dan juga 1 unit ambulance sudah beroperasi selama ini. Untuk dokter Klinik Kesehatan tadi insyaAllah adalah dr. Mukhlis, adik dari Rahmat Kharif Dharmawan, seorang pegawai pajak.

Untuk santri pesantren tahfidz adalah anak asuh panti asuhan sebagai santri mukimnya dan anak-anak warga sekitar sebagai santri non mukim. Selama ini Pesantren Tahfidz sudah berjalan setiap Ahad Pagi di Balai Belajar Masyarakat Potorono yang memanfaatkan garasi mobil sebagai tempatnya. Jumlah santri sekitar 50 anak dan sebagai pembibingnya adalah Ustadz Zaini Al Hafidz dan Ustadzah Hefie Al Hafidz, sepasang suami istri yang tinggal juga di Potorono (Tetangga dari Bapak Sulistyo Deswantoro dan Ibu Emie Zulaikah, suami istri pegawai pajak). Kedepanya pesantren ini dikembangkan bersama TKIT dan SDIT Tahfidzul Qur'an Taman Cendekia Yogyakarta.

Smoga Allah meridhoi niat mulia kita ini. Amiin.

0 komentar:

Poskan Komentar